Rabu, 08 Juni 2016

HARDWARE (PERANGKAT KERAS) PADA KOMPUTER

1.Perangkat Keras (HardWare)

      Hardware terdiri atas beberapa perangkat yang saling bekerjasama sehingga suatu computer dapat bekerja dengan baik dari segi mekanis.Berikut perangkat keras (hardware) yang ada pada sebuah computer.

v  Mother Board

Mother Board merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari sebuuah komponen yang terpasang padanya.Mulai dari mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC ,mengatur lalu linta data ,peranti penyimpanan (harddisk ,CD-ROOM). Peranti masukan data (keyboard ,mouse ,scanner) dan peranti output (printer ,monitor).

v  Sound Card

Sound Card atau kartu suara adalah suatu perangkat multimedia berbentuk kartu elektronik yang berfungsi untuk mengolah suara pada computer .Sound Card ini terpasang pada Mother Board.

Ada  dua tipe sound card yang umum digunakan ,yaitu :

1.On Board : jenis sound card yang terpasang langsung pada mother board.

2.Card          : jenis sound card yang terpisah dari mother board.

v  VGA Card (Graphic card / display adapter)

VGA Card singkatan dari Video Graphic Array Card merupakan sebuah perangkat berbentuk kartu elektronik yang berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan monitor.Kartu VGA ini berfungsi juga untuk menampilkan gambar grafik pada tampilan monitor ,semakin baik VGA Card yang digunakan ,akan sebaik-baik kualitas gambar yang dihasilkan.

v  Processor

Processor merupakan otak dua pusat pengendali yang mengontrol berjalannya system computer processor berupa sebuah chip ,yang sering disebuah microprocessor ,yang sekarang ukurannya sudah mencapai GigaHertz.Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi. Semakin tinggi processor yang digunakan akan semakin cepat kinerja sebuah computer.

v  HardDisk

HardDisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer.Disini seluruh system operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan ,setiap data dan informasi disimpan.Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting.Komponen utamanya adalah Pelat (Platter) yang berfungsi sebagai penyimpanan data .Pelat ini berupa suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar .Kedua sisi permukaan dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki dua pola-pola magnetis.Pelat ini ditempatkan dalam suatu proses yang disebut Spindle. Semakin besar ukuran Harddisk akan semakin besar.

v  KeyBoard

Keyboard atau papan ketik computer merupakan sebuah hardware atau papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alphabet (A-Z) untuk mengettikan kalimat ,juga terdapat angka 3 ,4 ,5 ,8 ,3 , 3 dll.Serta simbol-simbol khusus lainnya pada computer. Dalam komputasi ,papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sabagai tuas mekanis atau sakelar elektonik.

JANGAN LUPA BACAA TERUS DAN KUNJUNGI TERUS BLOG : RIKARANGKUMAN.BLOGSPOT.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar